Profil Pusat Penelitian Elektronika dan Telekomunikasi LIPI

SEJARAH RINGKAS

Pusat Penelitian Elektronika dan Telekomunikasi lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (P2ET-LIPI), sebelumnya bernama Pusat Penelitian dan Pengembangan Telekomunikasi Komponen dan Material (Puslitbang TELKOMALIPI) yang ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan ketua LIPI Nomor 23/Kep/D.5/1978 tanggal 17 Januari 1987. Puslitbang TELKOMA LIPI sendiri, merupakan pengembangan dari Lembaga Elektroteknika Nasional-Lembaga Ilmu pengetahuan Indonesia (LEN-LIPI) yang pada 3 Januari 1986 berdasarkan Keppres No 1 tahun 1986 dikembangkankan menjadi 3(tiga) Puslitbang yaitu Puslitbang TELKOMA –LIPI, Puslitbang INKOM –LIPI dan Puslitbang Tenaga Listrik dan Mekatronik ( TELIMEK )–LIPI serta satu UPT, yaitu UPT LEN, yang kemudian beralih statusnya menjadi PT LEN Industri dibawah naungan Badan Usaha Milik Negara Industri Strategis (BUMNIS).

SUSUSAN ORGANISASI DAN TATA KERJA P2ET

Pusat Penelitian Elektronika dan Telekomunikasi berada dalam susunan organisasi Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Teknik.

Pusat Penelitian Elektronika dan Telekomunikasi mempunyai tugas melaksanakan penyiapan perumusan dan pelaksanaan kebijakan, pemberian bimbingan teknis, dan supervisi di bidang penelitian elektronika dan telekomunikasi.

Dalam melaksanakan tugas, Pusat Penelitian Elektronika dan Telekomunikasi menyelenggarakan fungsi:

a. penyiapan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang penelitian elektronika dan telekomunikasi;

b. pemberian bimbingan teknis dan supervisi di bidang penelitian elektronika dan telekomunikasi;

c. pelaksanaan pengelolaan penelitian di bidang penelitian elektronika dan telekomunikasi; dan

d. pelaksanaan dukungan administrasi di lingkungan Pusat Penelitian Elektronika dan Telekomunikasi.

 

Susunan organisasi Pusat Penelitian Elektronika dan Telekomunikasi terdiri atas Kelompok Jabatan Fungsional.

 struktur organisasi

VISI, MISI, TUGAS DAN FUNGSI

Visi LIPI mencanangkan sebuah visi yang kemudian dijadikan visi satuan kerjasatuan kerja di bawahnya, termasuk P2ET LIPI, yaitu menjadi lembaga ilmu pengetahuan nasional berkelas dunia yang dapat mendorong terwujudnya kehidupan bangsa yang adil, cerdas, kreatif, integratif dan dinamis yang didukung oleh ilmu pengetahuan dan teknologi yang humanis  Misi Misi P2ET LIPI tentunya harus mendukung misi LIPI, yaitu:

Misi 1 LIPI:

Menciptakan "great science" (ilmu pengetahuan berdampak penting) dan invensi yang dapat mendorong inovasi dalam rangka meningkatkan daya saing perekonomian nasional Diterjemahkan sebagai Sasaran P2ET LIPI sebagai berikut:

 Meningkatnya kualitas pengetahuan para peneliti yang diukur dari peningkatan pendidikan dan jenjang pada jabatan fungsional.  Meningkatnya hasil dan kapasitas penelitian yang diukur dari peningkatan jumlah publikasi dan HKI. Meningkatnya kreativitas dalam menciptakan IPTEK yang bernilai ekonomis yang diukur dari jumlah hasil yang dipakai. Memperkuat jaringan antara LIPI dengan industri dan pihak terkait lainnya dalam meningkatkan adopsi inovasi yang diukur dari jumlah kerja sama.

Misi 2 LIPI:

Mendorong peningkatan pemanfaatan pengetahuan dalam proses penciptaan good governance dalam rangka memantapkan NKRI Diterjemahkan sebagai Sasaran P2ET LIPI sebagai berikut:

Tersedianya timbangan ilmiah dan rekomendasi untuk menjawab isu nasional, yang diukur dari jumlah saran kebijakan dan timbangan ilmiah dari LIPI.

Misi 3 LIPI:

Turut serta dalam proses pencerahan kehidupan masyarakat dan kebudayaan berdasarkan prinsip-prinsip ilmu pengetahuan dan kaidah etika keilmuan Diterjemahkan sebagai Sasaran P2ET LIPI sebagai berikut:

Meningkatnya akses terhadap pengetahuan yang diukur dari frekuensi interaksi dan jumlah keikutsertaan dalam aktivitas ilmiah nasional, regional dan internasional. Meningkatnya perilaku “rasional” dalam masyarakat, yang diukur dari jumlah kegiatan dan peserta berbagai aktivitas pemasyarakatan IPTEK LIPI.

Misi 4 LIPI:

Memperkuat peran Indonesia (yang didukung ilmu pengetahuan) dalam pergaulan internasional Diterjemahkan sebagai Sasaran P2ET LIPI sebagai berikut: Meningkatnya peran LIPI dalam pergaulan dunia internasional, yang diukur dari jumlah keikutsertaan dalam organisasi dan berbagai pertemuan ilmiah regional dan internasional.

Misi 5 LIPI:

Memperkuat infrastruktur kelembagaan (penguatan manajemen dan sistem) Diterjemahkan sebagai Sasaran P2ET LIPI sebagai berikut: